Contoh Usaha Yang Berkembang Dari Hobi


Contoh Usaha Yang Berkembang. Jangan remehkan hobi. Banyak pebisnis sukses mengawali usahanya dari hobi yang kelihatan tidak penting. Hobi sendiri bisa dibilang kegemaran yang disukai dan dilakukan berulang kali. Menurut Mike Rini Sutikno, seorang perencana keuangan dari PT Mitra Rencana Edukasi (MRE) dan pendiri komunitas Dare To Dream Indonesia (D2DI), untuk memulai bisnis harus dimulai dengan passion atau hasrat. Menurutnya, tanpa modal besar tapi memiliki passion bisa mengembangkan bisnis menjadi besar.

"Kunci bisnis itu hanyalah disiplin dan konsisten serta fokus," kata Mike dalam seminar "Hobby Jadi Bisnis" yang dilaksanakan D2DI dan komunitas Mompreneur, di Gedung Sarinah, Jakarta Ahad, 24 Maret 2013. "Setelah itu baru dikomersilkan," lanjutnya.

Menurut Mike, dalam tiga tahun ke depan, seorang pebisnis mulai belajar dan menganalisa usaha yang dilakukannya menguntungkan atau tidak dengan cara membuat proyeksi keuangan. "Learning from the mistakes. Dalam tiga tahun itu jangan berharap mendapatkan untung gede dulu," kata Mike.

Memulai bisnis dari hobi, kata Mike, harus ditunjang dengan beberapa langkah awal seperti happy (bahagia), uang, aktualisasi diri dan community (masyarakat). "Jangan pernah meremehkan kata bahagia dalam bisnis. Anda harus merasa bahagia dengan bisnis Anda jika menginginkan usaha itu sukses" kata Mike.

Dengan bahagia, melakukan bisnis yang dirintis bisa dilihat oleh pelanggan, sehingga bisa mendapatkan pendapatan lebih banyak. "Berbisnis itu fokus dan yakin. Kita juga harus mempunyai mimpi," katanya.

Sedangkan modal, menurutnya, memang diperlukan dalam memulai bisnis tapi bukan hal yang utama. "Bisnis bukan dimulai, tapi bagaimana Anda bertahan. Harus ada visi yang merupakan sebuah solusi tidak hanya mendapatkan keuntungan," kata Mike yang menyarankan lebih baik terpisah membuat rekening bisnis dan pribadi.

Sedangkan untuk community atas masyarakat, kata Mike, berbisnis itu harus diperhitungkan dampak sosial bagi masyarakat sekelilingnya. "Misalnya ada yang berjualan makanan, seperti nugget. Apa yang membedakan dengan nugget lain, apakah lebih sehat, bergizi, tidak menggunakan zat kimia atau zat pengawet. Itu harus dijelaskan supaya pelanggan mengetahui dan menjadi andalan Anda," tutur Mike.

Sumber Tulisan
http://forum.kompas.com/ekonomi-umum/249252-membuat-hobi-jadi-bisnis.html 


 Saya rasa memang ada benarnya, bahkan saya mengakui bahwa itu memang benar, dan says pun sudah mengalaminya. Karena kegemaran saya denga Desain Grafis, sekaran saya memiliki percetakan. bagaimana dengan anda..?
Yang punya hobby mancing, apakah tidak punya keinginan buka toko peralatan memancing..?
Yang hobby Futsal, tenis, badminton, bola, dll apakah sudah punya rencana untuk membuka toko olahraga..?

Jangan takut tidak laku, mari fikir baiknya dulu, Minimal teman / kenalan yang anda temui ditempat anda melampiaskan hobby anda dapat membeli peralatan atau kebutuhan di toko anda. Betul tidak..?


Demiikianlah artikel mengenai Contoh Usaha Yang Berkembang Dari Hobi. Semoga bermanfaat

Artikel Lainnya