Satu lagi, rahasia yang akan saya ungkapkan di sini khusus untuk Anda,
yaitu mengenai trend bisnis yang akan terjadi di Indonesia.
Sering
saya ditanya dalam krisis global yang terjadi di dunia, bagaimana
kondisi Indonesia menghadapi krisis tersebut? Padahal tahukah Anda,
research yang telah dilakukan para ahli menunjukkan sesuatu yang sangat
mengejutkan mengenai Indonesia.
Bagaimana kita mengetahui bahwa
sebuah bisnis tadi mempunyai potensi atau tidak punya potensi? Bisnis
akan tumbuh cepat atau melambat.
Bagaimana kita tahu, bahwa
suatu bisnis tadi bagus atau jelek? Sudah pasti bahwa bisnis bagus atau
jelek itu tergantung dari empat hal, satu tergantung dari siklus bisnis
tersebut, kedua kemampuan dari kita atau pemiliknya untuk menciptakan
penawaran sebegitu menariknya. Serta bisa di percaya, kalau orang tidak
mau beli kesannya “bodoh” luar biasa.
Kalau Anda jago menciptakan
penawaran, jago menyampaikan penawaran, jago dalam bertransaksi maka
akan menjadi dahsyat adanya. Tapi apakah hanya dua hal ini yang
mempengaruhi bisnis tadi, bagus atau tidaknya masih ada dua hal lagi,
yang ketiga adalah tergantung dari kemampuan masyarakat untuk
menyerapnya, kalau kemampuan masyarakatnya tidak cukup mampu untuk
menyerapnya, incomenya dan spending powernya tidak ada.
Kemudian
bisnis dan siklusnya bagus tetapi tidak laku (mohon maaf). Kemudian
yang ke empat juga tergantung dari banyaknya pesaing Anda dan kemampuan
dia untuk menciptakan penawaran.
Dalam kondisi trend dunia
seperti ini, ketika kemampuan masyarakat sedikit banyak turun. Kalau
Anda jago menawarnya kemungkinan daya beli masih lebih tinggi daripada
Anda hanya melakukan branding saja.
Sumber : http://finance.detik.com/read/2013/04/15/102245/2220198/480/cara-mengetahui-trend-bisnis-di-indonesia