Contoh Pengusaha Sukses Dari Bisnis Modal Kecil

Giman adalah salah satu contoh pelaku bisnis yang cukup sukses dengan usaha pembibitan tanaman yang dikelolanya. Tinggal di daerah pinggiran di Kota Binjai, lelaki ini telah mengawali usahanya sejak 6 tahun lalu ketika pindah dari kampung halamannya di Jawa Timur.

Berawal dari sekadar hobi dalam bidang pertanian dan ketertarikannya pada usaha pembibitan tanaman yang dikelola keluarga besar dari sang istri, dia lantas menyadari kegemarannya itu memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus dan akan sangat menguntungkan jika dikembangkan secara lebih serius. Giman menyatakan Kuncinya hanya harus tepat memanfaatkan peluang, pasti ada saja jalannya. Dan kabar baiknya usaha seperti ini secara tidak langsung ikut membantu program penghijauan pemerintah.

Dengan bekal ilmu pertanian yang diperoleh secara otodidak dan bantuan pinjaman modal usaha sebesar 50 juta rupiah dari mertua, Giman memberanikan diri untuk memulai usaha pembibitannya ini pada tahun 2006. Mulanya, ia memang mengalami sejumlah kesulitan khususnya dalam hal pengadaan bibit berkualitas dan pemasaran produk tanamannya.

Tetapi dengan sikap pantang menyerah dan besarnya keyakinan untuk berhasil, pada akhirnya ia bisa mengembangkan jaringan dan pemasaran bibit tanaman. Bahkan hanya dalam tempo 3 bulan saja, ia sudah bisa mengembalikan pinjaman modal yang diterimanya semula.

Artikel Lainnya