Cara Ampuh Promosi Produk Online Di Internet

Cara promosi online terbukti manjur bagi Anda yang pemalu, tidak punya banyak teman, tidak bisa terlalu banyak keluar rumah, namun tetap ingin memiliki jaringan bisnis yang besar. Jalankan promosi online ini dan nantinya dari sini anda akan mendapat banyak teman sehingga kemampuan berkomunikasi anda akan menjadi lebih baik.

Banyak sekali member yang tadinya hanya menjalankan promosi online beralih juga ke offline karena mereka sudah semakin percaya diri karena terbiasa belajar komunikasi via email/chating kepada para jaringan bisnisnya. Jika kemampuan komunikasi secara online anda sudah hebat maka kemampuan promosi offline dengan sendirinya akan meningkat pula!... intinya adalah anda mau terus menerus belajar merubah diri ke arah yang lebih baik!!

Berikut adalah cara-cara melakukan promosi secara online:

1. Melalui Email.
Strategi promosi melalui email diyakini masih yang terbaik dalam pemasaran secara online karena promosi tersebut masuk ke email yang bersangkutan dan memiliki prosentase yang lebih besar untuk dibaca. Anda bisa kirim promosi ke email teman/kolega anda ataupun menggunakan software khusus untuk mengumpulkan alamat email.

2. Melalui Mailing List (Milis).
Mailing List adalah forum diskusi yang biasanya di ikuti oleh ratusan/ribuan member. Sekali posting di milis bisa terkirim hingga ke seluruh member. Gabunglah dengan milis-milis populer yang memiliki anggota banyak misalnya milis alumni perguruan tinggi, milis bisnis dll. Milis yang cukup populer adalah di yahoogroups.com

3. Chating
Anda hobi chating di di channel IRC atau yahoo messenger dll? kini saatnya hobi anda tersebut bisa menghasilkan uang!!. Pilihlah channel yang ramai dipadati pengunjung. Dari situ pilihlah beberapa prospek baik yang sudah anda kenal maupun belum. Jangan tawarkan secara langsung melainkan awali percakapan untuk lebih mengetahui jati diri prospek lebih mendalam jika memang kita belum mengenalnya. Paling tidak kita harus tahu pekerjaan/profesinya dan dari situ kita bisa tawarkan bisnis alih belanja.

4. Melalui iklan baris online.
Banyak sekali iklan baris online gratisan yang cukup populer misalnya di iklanbaris.co.id, iklanbaris.com, iklanbandung.com, mahasiswa.com, yellowpages.co.id dll. Semakin banyak pengunjung ke situs tsb maka semakin besar peluang iklan anda dibaca oleh mereka dan kemudian berkunjung ke web anda. Selanjutnya, dengan semakin banyaknya orang yang mengunjungi web anda, maka semakin besar pula peluang diantara mereka akan bergabung dengan anda!

5. Melalui Search Engine.
Daftarkan situs anda ke search engine top dunia. Search engine yang paling populer adalah google.com, yahoo.com, altavista.com, overture.com, hotbot dll. Jika situs anda bisa menduduki rangking 10 besar maka situs anda akan semakin banyak pengunjungnya. Memang ada beberapa trik agar situs anda masuk ke urutan 10 besar namun cara ini tidaklah menjamin 100%. Akan lebih baik jika anda membayar ke pengelola situs seperti di google.com dimana situs anda bisa dilihat karena terpampang secara khusus atau anda bisa membayar ke perusahaan yang bisa menjamin situs anda masuk urutan atas pada search engine. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan situs anda ke search engine lokal seperti searchindonesia.com, catcha.co.id, naver.co.id dll.

6. Melalui URL Redirect.
URL redirect adalah fasilitas untuk mempersingkat URL anda. Jika misalnya URL anda adalah http://www.vvipfamily.com?id=useridku maka bisa dipersingkat misalnya menjadi http://mlmku.cjb.net atau nama lain sesuai selera anda. Fasilitas ini disediakan oleh WWW.CJB.NET dan situs-situs lainnya dimana anda bisa daftar secara gratis. URL yang telah dibuat nantinya bisa didaftarkan ke search engine yang populer.

7. Melalui Tukar Banner.
Jika anda bisa membuat web bayangan seperti pada point diatas, maka anda bisa melakukan tukar banner dengan situs lainnya. Nantinya banner anda akan di pajang di situs lainnya dengan sistem rotasi. Sebelum gunakan fasilitas tukar banner, anda harus membuat banner terlebih dahulu. Untuk membuat banner secara gratis bisa kunjungi situs www.addesigner.com. Fasilitas tukar banner ini sifatnya gratisan. Anda bisa daftar di tukarbanner.com, xaxaweb.com, bannerindonesia.com dll. Banner ini nantinya akan berisi link yang menuju ke situs web anda.

8. Melalui Pasang Banner.
Jika tukar banner biayanya gratis maka pasang banner ini harus bayar. Biasanya situs-situs yang menarik biaya banner ini, pengunjungnya cukup banyak. Bahkan di detik.com saja untuk pasang banner iklan, biayanya bisa mencapai belasan juta rupiah tiap bulan. Tentu saja saya tidak menyarankan cara ini. Jadi, anda bisa mencari situs-situs yang tarif banner iklannya murah, tetapi pengunjungnya juga banyak. Meski anda harus keluar uang tapi cara ini cukup efektif dalam berpromosi.

9. Melalui Guest Book.
Situs-situs artis/pribadi ataupun portal biasanya menyediakan guestbook (buku tamu) untuk di isi para pengunjungnya. Cobalah temukan situs yang populer yang memiliki guestbook dan anda bisa isi promosi anda di guestbook tersebut. Semakin populer situs tersebut maka semakin banyak yang akan melihat promosi bisnis anda.

10. Melalui Reply All Email.
Jika selama ini anda sering mendapat email promosi dari orang lain di inbox anda maka lakukanlah "pembalasan" dengan melakukan reply all dan anda isi dengan promosi bisnis anda.

11. Melalui Brosur.
Cara ini gabungan dari teknik offline dan online. Anda bisa membuat brosur sederhana seukuran setengah dari kertas hvs yang mudah dibagikan. Brosur ini bisa anda sebarkan di lampu merah, stasiun, parkiran mobil, kampus dll.

12. Melalui Stiker.
Cara ini juga gabungan dari teknik offline dan online. Stiker ini bisa anda tempelkan di mobil, angkot, dinding dll.

Artikel Lainnya