Bisnis Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan Dg Modal Kecil

Sebuah rumah di salah satu sudut Kelurahan Kadipiro terlihat beberapa orang sedang sibuk menyiapkan potongan kardus. Potongan kardus ini akan digunakan untuk membuat kemasan. Ada yang berukuran sedang dengan tinggi hanya 20 cm dan lebar kurang dari 10 cm. Kemasan ini menarik karena permukaannya ditutup kertas bertekstur kasar. Jika melihatnya sekilas orang mungkin mengira permukaan kemasan itu ditutup serbuk gergaji, namun ternyata tidak.

Ternyata bahan baku pembuatan kertas kemasan ini dibuat dari limbah. Limbah kertas, mulai dari kertas koran yang tipis hingga kertas kardus yang tebal, mendominasi bahan baku. Selain kertas, juga dipakai limbah lain, seperti pelepah pisang, kulit bawang dan daun-daunan kering. Bahan-bahan ini ditambahkan dalam adonan bubur kertas sebagai pengikat.

Limbah yang awalnya bernilai rendah pun bisa dijual mahal. Sebagai perbandingan, harga bahan baku berupa kertas HVS dan kertas koran hanya Rp1.500 hingga Rp2.000 kg. Dengan tambahan sejumlah bahan, termasuk pewarna, bisa mengubah limbah kertas itu menjadi 75 lembar kertas daur ulang dengan harga Rp25.000/lembar. Dari kertas daur ulang itulah dibuat kemasan-kemasan unik. Tertarik dengan peluang bisnis rumahan ini? Yuk Buka Usaha

Artikel Lainnya