Ornag yang kreatif tidak akan ikut dalam deretan jenjang pencari kerja,
karena dia sendiri yang akan meciptakan lapangan kerja untuk dirinya
sendiri dan bahkan orang lain. Misalnya :
• Memanfaatkan barang bekas.
Misalnya : sedotan di buat bunga, bulu ayam menjadi lukisan dan perca menjadi keset dan sebagainya.
• Memanfaatkan barang yag di sediakan oleh alam :
Misalnya : membuat kerajinan dari tanah liat, di jadikan gerabah dan sebagianya.
• Memanfaatkan kejadia/peristiwa yang ada
Misalnya : berjuang aneka minuman sepeti es buah/kelapa, es teller pada waktu musim kemarau, dan sebagainya.
Yang bergolak dan senantiasa berubah sebagai suatu tren dari masyarakat
yang tidak terduga. Apabila kita mampu memanfaatkan dengan baik maka
kondisi tersebut akan menjadi suatu peluang usaha bagi kita. Sehingga
orang yang mau bekerja keras, ulet, percaya pada kemampuan sendiri,
kreatif dan inovatf akan lebih mudah menemukan peluang usaha yang ada.
Jika peluang usaha di gali dengan baik maka akan membuat hasil yang
memuaskan.
Untuk digali peluang usaha atau bisnis, setiap orang harus berfikir secara positif dan kreatif yaitu :
• Harus percaya dan yakin bahwa usahanya bisa di laksanakan.
• Mau menerima gagasan baru dalam dunia bisnis.
• Bersedia mendengarkan saran dari orang lain.
• Mempuni etos karja yang tinggi.
• Pandai bertampil, berkomunikasi.
• Sering bertanya pada diri sendiri.
Inovasi adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu
produk atau jasa ke arah lebih produktif. Beberpa faktor yang mendorong
untuk melakukan inovasi dalam usaha antara lain keinginan untuk
berprestasi, adanya sifat penasaran atau keeinginan unuk menanggung
resiko, faktor pendidikan, pengalaman dna adnya peluang.
Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha sebagai berikut :
• Untuk memenuhi keinginan dna kebutuhan masyarakat
• Untuk menyesuakan selera masyarakat
• Untuk meyesukaikan teknologi.
• Untuk menarik konsumen.
Inofasi baru dibidang produk dan jasa saat ini di hadapkan pada tiga pilihan berikut :
• Produk atau jasa yang baru dapat di tempatkan pada salah satu pasaran yang sesuai dengan minat konsumen.
• Priduk atau jasa yang di rancang secara baru dan model baru dapat di
tempatkan di tengah tengah pasar serta di sesuaikan denagna daya beli
konsumen.
• Produk atau jasa baru dapat di tamapilkan dengan tujuan dapat merebut dan memanfaatkan peluang usaha yang ada.
Usaha produk jasa di laksanakan seorang wirausaha harus terarah secara
spesifik, jelas dan memiliki desain yang dapat di terapkan serta di
minati konsumen.