Bisnis apapun memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi sukses.
Yang perlu dipahami adalah untuk memulai sebuah bisnis maka yang paling
penting adalah keberanian untuk gagal serta seberapa kuat Anda mampu
untuk bertahan di dalamnya,bahkan seberapa cepat Anda bangkit dari
kejatuhan Anda, seperti ungkapan dari Napoleon Bonaparte, “Saya
tidak pernah khawatir tentang apa yang akan saya lakukan untuk
memenangkan pertaruangan, tetapi saya selalu tahu dengan tepat apa yang
saya lakukan ketika saya kalah dalam pertarungan.” Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan bisnis dengan tepat dan memenangakan persaingannya:
A. Be The First. Sebagi orang yang pertama dalam
menjalankan suatu bisnis akan memberikan Anda peluang kesuksesan lebih
besar disbanding menjadi seorang follower. Menjadi yang pertama membuat
Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor bisnis Anda. Sebuah
kategori produk/jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain
tunggal di kategori tersebur dan tidak perlu berkompetisi dengan
pebisnis yang lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan
fitur produk/jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang
memberikan solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal menunggu waktu
untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih
kesuksesan. Apakah masih ingat ketika Honda ragu-ragu (akan penerimaan
pasar) untuk mengeluarkan produk skutik? Yamahalah akhirnya yang
memenangkan persaingan dan mendapat keuntungan besar, karena berani
berspekulasi menjadi yang pertama mengeluarkan produk skutiknya. Dan
Honda pun akhirnya harus membayar mahal ‘keragu-raguannya’, dengan image
baru bahwa motor skutik adalah Yamaha.
B. Be The Deferent. Peta persaingan bisnis saat ini
seperti peranga yang berdarah-darah. Kompetisi sangat keras, ia akan
melindas pemain yang tidak bisa bersaing. Karena itulah, Anda harus
bersaing dengan menyediakan produksi/jasa yang memiliki keunggulan.
Keunggulan inilah yang membedakan Anda dengan competitor. Produk/Jasa
Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut. Hindari
penggunaan faktor harga sebagai pembeda produk Anda dengan competitor.
Tapi carilah faktor unik lain dari produk/Jasa Anda.
C. Be The Best. Tidak mudah menjadi yang terbaik di
segala bidang. Carilah satu faktor yang bisa Anda kerjakan dengan sangat
baik sehingga karena faktor tersebut, bisnis Anda menjadi yang paling
baik daripada competitor. Anda cukup menjadi yang terbaik di satu
faktor, tidak perlu berambisi menjadi terbaik di segala faktor. Dengan
satu faktor itulah, membuat bisnis Anda dilirik oleh para konsumen dan
sulit bagi para konsumen menolak tawaran dari Anda. Karena tidak akan
mendapatkan faktor tersebut dari competitor yang lain.