Inilah Peluang Usaha Yang Tidak Ada Matinya Dan Prospek

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, bahkan bisnis ini terus berkembang pesat seiring dengan permintaan konsumen yang terus bertambah. Terlebih lagi, peminat sajian kuliner yang terus memburu tempat-tempat kuliner yang unik dan menarik membuat para pebisnis kuliner bersaing ketat di dalam bisnis ini.

Usaha kuliner akan tetap berjalan dengan lancar sebab produk yang di jual merupakan kebutuhan “perut” yang harus dipenuhi setiap saat oleh manusia. Usaha kuliner ini bisa dijalankan dengan beberapa kelas yaitu dari pedagang kaki lima, warung tenda, cafe, rumah makan, hingga restoran.

FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENDIRIKAN USAHA KULINER :

1. Lokasi (tempat mendirikan usaha) ; lokasi usaha merupakan faktor yang paling berpengaruh bagi kelangsungan bisnis kuliner, tempat seperti sekolah, perkantoran, perumahan, dan tempat keramaian lainnya adalah pilihan lokasi yang tepat untuk dijadikan lokasi usaha kuliner.

2. Rasa dan Cara Penyajian; cita rasa juga merupakan faktor penting lainnya dalam bisnis kuliner. Tidak ada salahnya kita melakukan uji coba rasa makanan yang kita buat pada beberapa orang terdekat. Setelah itu kita minta pendapat mereka baik rasa maupun penampilannya. Dengan begitu kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kita.

3. Keunikan; adalah ciri khas baik dari segi ukuran produk, pelayanan, nama makanan, penyajian, promosi, kostum, hingga nama tempat usaha.

4. Harga; harga hendaknya berbeda, disesuaikan dengan tempat usaha,pelayanan yang diberikan kepada customer dan target pasar. Sehingga customer merasa puas dan tidak di rugikan.

5. Promosi; promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut”. Untuk itu, keunikan suatu usaha kuliner sangat diperlukan agar dapat menarik minat para customer.

Artikel Lainnya