Strategi Cara Memenangkan Persaingan Usaha

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bisnis online semakin dilirik para pelaku usaha di Indonesia. Bahkan sekarang ini tidak hanya para pemula saja yang tertarik menekuni bisnis online, namun banyak juga pengusaha yang telah sukses menjalankan bisnisnya via offline, kini mulai melirik pemasaran online untuk melebarkan sayap kesuksesannya.

Meningkatnya minat masyarakat dan besarnya peluang pasar, menjadi salah satu alasan bagi para pelaku usaha untuk beralih dari bisnis konvensional ke bisnis online. Hal ini tentunya tidak hanya memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis di internet, namun juga memicu persaingan pasar yang semakin ketat antar pelaku usaha.

Karenanya, para pemula maupun blogger yang telah lama menekuni bisnis di dunia maya, dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Tanpa didukung sebuah inovasi, bisa dipastikan bila konsumen akan cepat bosan dengan bisnis online Anda dan memilih berpaling ke perusahaan lain.

Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut menimpa bisnis Anda. Berikut ini kami informasikan beberapa tips jitu inovasi bisnis online yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan persaingan pasar. 

1. Publikasikan setiap inovasi baru yang Anda ciptakan.
Sebagai pelaku bisnis online, tentunya Anda harus berperan aktif untuk mempublikasikan produk maupun pelayanan baru yang Anda tawarkan. Dengan mempublikasikan inovasi baru yang Anda ciptakan, maka konsumen lebih mudah mengingat inovasi tersebut dan memperbesar peluang Anda untuk menarik minat konsumen. Contohnya saja seperti mengirimkan katalog produk terbaru kepada para pelanggan, atau mencantumkan status “beta” pada website Anda yang sedang disempurnakan (diperbaharui). 

2. Ciptakan inovasi baru untuk memanjakan para konsumen
Setiap konsumen pastinya akan senang bila mendapatkan pelayanan prima dari para penjualnya. Karena itu, sebisa mungkin lakukan inovasi baru untuk memanjakan para konsumen Anda. Misalnya saja melayani konsumen dengan pendekatan personal, memenuhi kebutuhan konsumen dengan akses yang cepat dan tepat, memberikan fasilitas forum online bagi pelanggan untuk berkumpul dengan komunitasnya, serta masih banyak lagi pelayanan online lainnya yang bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan setia. 

3. Buatlah inovasi yang menarik minat konsumen
Usahakan inovasi yang Anda tawarkan bisa memancing rasa penasaran calon konsumen. Ketika calon konsumen mulai penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka selanjutnya mereka akan lebih mudah tertarik dan akhirnya tidak ragu untuk mencoba inovasi tersebut. Anda bisa menciptakan rasa penasaran konsumen melalui foto, video, maupun media lainnya yang mempermudah para calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. 

4. Sesuaikan inovasi bisnis Anda dengan perkembangan teknologi
Dalam menciptakan sebuah inovasi, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang sedang booming saat ini. Hal ini penting agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan berani bersaing dengan perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset secara rutin agar Anda bisa memantau perkembangan teknologi yang sedang booming, dan manfaatkan moment tersebut untuk menciptakan ide brilian guna menarik minat pelanggan. Contohnya saja dengan mengadakan kompetisi SEO ataupun lomba desain website yang sekarang ini digandrungi para blogger. 

5. Lakukan inovasi untuk menciptakan perubahan baru
Ciptakan sebuah perubahan untuk memberikan manfaat baru bagi para pelanggan. Inovasi inilah yang mengantarkan pendiri Google, Microsoft, Facebook, maupun Twitter, mencapai puncak kesuksesannya. Melalui ide besar yang mereka ciptakan, kini inovasi yang dihasilkan bisa memberikan kebermanfaatan bagi para konsumen dan berhasil mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih familiar terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

Artikel Lainnya