Sebagai pebisnis atau pengusaha, tidak peduli sebesar apa perusahaan
yang sudah kita miliki, kita tetap bertopang pada penjualan yang
memegang peranan penting bagi kesuksesan bisnis kita tersebut. Dengan
pentingnya penjualan bagi kelangsungan hidup bisnis yang kita jalankan,
maka kita akan terpacu untuk menciptakan penjualan sebanyak mungkin.
Sayangnya, banyak diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara
meningkatkan penjualan tanpa menambah jam kerja kita. Kebanyakan dari
kita beranggapan bahwa jika kita hendak menciptakan banyak penjualan
maka kita harus bekerja lebih keras bahkan hingga larut malam dan
mengorbankan banyak waktu yang harusnya bisa kita gunakan untuk
mengerjakan hal lain.
Menciptakan lebih banyak penjualan itu bukan berarti menjual lebih
keras tetapi yang harus kita lakukan adalah melakukan penjualan dengan
cara yang cerdas, efektif dan efisien hingga penjualan tersebut terjadi
dengan sendirinya tanpa menyita banyak waktu
Bagaimana caranya?
1. Bicarakan Manfaat Produk
Kebanyakan dari kita ketika menawarkan produk kita maka kita akan
menyebutkan produk tersebut sebagai bendanya. Karena terfokus pada
bendanya baik itu bentuknya, warnanya, variasinya atau
keanekaragamannya, kita menjadi lupa untuk membicarakan manfaat dari
produk tersebut. Padahal, untuk menciptakan penjualan yang lebih banyak,
yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengungkapkan manfaat dari
produk tersebut terlebih dahulu. Pelanggan akan lebih tertarik pada
produk yang memberikan manfaat bagi mereka daripada banyaknya warna yang
dimiliki oleh produk tersebut.
2. Pengelompokkan Pelanggan
Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa pelanggan yang terlihat
potensial akan memberi harapan terciptanya penjualan besar. Tapi hal
tersebut tidak selalu benar. Pelanggan yang terlihat potensial belum
tentu mau membeli produk yang kita tawarkan apalagi jika mereka belum
pernah melakukan transaksi sama sekali dengan kita. Akhirnya kita hanya
menghabiskan waktu dengan orang yang belum tentu membeli produk kita
sementara di luar sana masih ada banyak pelanggan lain yang akan
melakukan pembelian terhadap produk yang kita tawarkan. Langkah yang
paling baik adalah melakukan pengelompokkan terhadap pelanggan terlebih
dahulu. Pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian di masa lalu
sebenarnya lebih memiliki kemungkinan untuk kembali membeli produk pada
kita selama mereka merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.
3. Time Is Money
Waktu adalah uang. Ungkapan ini ada benarnya karena baik waktu yang
kita miliki maupun waktu yang dimiliki oleh para pelanggan kita
sangatlah berharga. Penjualan dapat dikatakan sukses jika kita berhasil
menjual produk yang dibutuhkan pelanggan dalam waktu yang tidak terlalu
lama. Yang harus kita lakukan adalah mengetahui dengan cepat apa yang
dibutuhkan oleh pelanggan, memberikan manfaat yang sesuai dengan
kebutuhan pelanggan, mencari kecocokan dengan singkat, melakukan
penjualan dan segera mengakhirinya dengan manis lalu melanjutkan
perjalanan ke pelanggan berikutnya. Dengan cara ini maka pemborosan
waktu dapat kita hindari. Dan waktu yang berharga tersebut akan mampu
membantu kita menciptakan lebih banyak penjualan sesingkat-singkatnya.
4. Pentingnya mendengarkan
Jika kita terlalu banyak berbicara, maka kita tidak akan mengetahui
dengan mudah apa yang dibutuhkan pelanggan dan biasanya penjualan pun
akan sangat sulit tercipta. Lain halnya jika kita lebih banyak mendengar
maka akan ada banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan mengenai
kebutuhan pelanggan tersebut. Apalagi jika kita sudah terlatih
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mampu menemukan kapan saat yang
tepat kita menjual produk kita. Dengarkanlah pelanggan dan kita akan
dapat menciptakan penjualan lebih banyak dan lebih besar daripada yang
kita bayangkan.
5. Kurangi Pekerjaan Administrasi
Sebagai pemilik bisnis, tidak dapat kita pungkiri bahwa kemajuan
bisnis yang kita jalankan tergantung bagaimana kita mengelolanya.
Pengelolaan suatu bisnis tidak hanya menyangkut keuangan dan penjualan
namun ada banyak sekali yang harus kita kelola dengan baik termasuk
urusan administrasi. Jika kita berkutat terlalu banyak diadministrasi
maka waktu kita untuk menjual produk akan hilang dan akhirnya penjualan
tidak akan pernah terjadi. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa
menyerahkan pencatatan administrasi pada orang yang kita percaya dn
memiliki kemampuan untuk itu, sehingga kita bisa lebih fokus untuk
menciptakan lebih banyak penjualan dengan cara yang cerdas.
6. Tangani Lebih cepat
Tangani penjualan dengan cara cepat dan tangkas tanpa membuang banyak
waktu. Maksudnya adalah ketika pesanan pembelian dari pelanggan telah
kita terima maka lakukan penanganan pada pesanan tersebut sehingga
pesanan itu dapat segera dikirimkan kepada pelanggan. Pelanggan yang
puas akan pelayanan yang kita berikan maka tidak menutup kemungkinan
mereka akan melakukan pembelian berikutnya dalam jumlah yang lebih
besar. Namun harus tetapi diingat adalah dengan pelayanan yang cepat,
kualitas juga harus tetap terjaga dengan baik.
7. Tangkap Ikan Besar
Coba bandingkan bagaimana hasil penjualan yang kita dapatkan antara
menjual kepada sepuluh pelanggan yang melakukan pembelian sebanyak
seratus ribu dengan satu pelanggan yang melakukan pembelian senilai satu
juta rupiah. Waktu yang kita butuhkan akan lebih efisien ketika kita
berhasil melakukan satu penjualan dengan nilai yang besar. Jika ada
sepuluh pelanggan yang melakukan pembelian sebesar satu juta rupiah
dalam satu hari, jelas akan terlihat bedanya. Karena itu, juallah
sebanyak mungkin produk pada pelanggan yang mampu melakukan penjualan
lebih banyak daripada kita menjual sedikit produk pada banyak pelanggan.
8. Tentukan Prioritas
Kita harus mampu menentukan prioritas dalam kegiatan penjualan yang
kita lakukan setiap hari. Skala prioritas ini sangat penting karena
dengan skala prioritas maka kita akan lebih mengutamakan
penjualan-penjualan besar daripada sepuluh penjualan kecil. Skala
prioritas juga menjadi kompas dalam menentukan langkah yang akan kita
ambil serta menjadi panduan bagi kita untuk memanfaatkan waktu secara
efektif dan efisien