Contoh Sukses Wirausaha Modal Usaha Kecil

Halo semua pemirsa. Kita jumpa lagi di acara benar-benar bukan Empat Mata. Ya, ini kan bukan acara TV, tapi ini kan web di Internet. Oke. Hari ini saya ingin berbagi tips dan prinsip wirausaha sukses. Sesuai di artikel saya terdahulu, UniversitasBisnis.com ini lebih memfokuskan pada wirausaha peluang usaha modal kecil. Kenapa? Ya, karena kalau yang modalnya besar, nanti gak banyak yang bisa melaksanakan. Saya menyimak perjalanan ekonomi Cina. Ehmm.. ini gak omong SARA loh yah, apalagi Sarah Azhari. Negara Cina bisa berkembang perekonomiannya, memiliki cadangan devisa terbesar di Dunia sekarang ini, karena ditunjang oleh kekuatan ekonomi bisnis atau wirausaha dari kalangan kecil dan menengah. Industri usaha berbasis rumah tangga, mendorong timbulnya usaha-usaha besar. Kebalik kan dengan di negara kita? Makanya pas krisis, goyang karena yang besarnya goyang. Berbanding terbalik dengan Cina. Oke. Kita belajar kan dari negara yang maju. Ya Gak? Nah, sebetulnya, banyak peluang usaha modal kecil yang bisa dibangun di Tanah Air Tercinta ini. Berbisnis di Internet, bukan hanya bisnis online yang jual ebook dan produk digital, haha.. (walau saya juga termasuk penjual produk digital). Berbisnis di Internet bisa juga dari peluang usaha non digital. Contohnya…..
Ada seorang pengusaha eksportir kerajinan Rotan dari Indonesia yang merintis usahanya dengan bermodalkan laptop dan ruangan kamar tidurnya. Dari sana, ia membangun sebuah perusahaan ekspor kerajinan rotan ke negara-negara Timur Tengah dan sekarang mulai merambah ke Eropa. Ya, bayangkan, hanya dengan bermodalkan laptop, sebuah modal kecil untuk sebuah usaha. Buat yang tidak punya laptop, juga tidak masalah, bisa menggunakan warnet toh. INi contoh sebuah kisah sukses wirausaha modal usaha kecil namun bisa membangun sebuah perusahaan ekspor. Wirausaha sukses dengan peluang usaha modal kecil lainnya masih banyak. Ada juga yang mengambil barang-barang dari luar, biasanya barang manufaktur, elektronik, aksesoris, dan dijual lagi di dalam negeri. Ini sebagai Importir. Ini juga bisa dilakukan dengan fasilitas internet. Ada kisah orang yang membeli cincin-cincin titanium dan stainless dari Cina, kemudian dikemas ulang dengan kemasan yang menarik, lantas dijual lagi. Untuk yang terakhir ini modal usahanya bisa setting sendiri sesuai kemampuan. Atau ada juga orang yang menjual kerajinan tangannya, ia membuat mainan perlengkapan perang, seperti senjata mesin, tank, yang unik, dan menjualnya ke luar negeri lewat web yang ia buat.
Ya, ada banyak lagi contoh peluang usaha modal kecil lewat internet. Kalau yang menjual produk digital, ada banyak.
Oya, baru-baru ini saya ketemu teman yang dulunya bekerja sebagai staf administrasi. Pas tadi siang saya ketemu dengannya di Mall, ia sudah mulai menikmati hasil usahanya. Ia membangun usaha buku bekas. Ia mengambil buku-buku bekas di Jakarta dan menjualnya kembali di Palembang, di salah satu Plaza, dengan menyewa stand di sana. Awalnya ia merintis usaha belum menyewa stand, ia memulainya dari rumah tempat tinggal. Dengan perjuangan yang gigih, dan strategi bisnis atau wirausaha yang terencana, ia mengembangkan lebih besar lagi. Lumayanlah omzet penjualannya per bulan di Stand itu berkisar 100 juta/bulan. Ia mempunyai karyawan yang mengurus stand buku bekasnya. Omong-omong, berbisnis atau berwirausaha di bidang barang-barang bekas bagus juga loh. Saya mempunyai beberapa kenalan yang sukses berwirausaha di bidang barang-barang bekas, mulai dari peluang wirausaha SparePart Mobil bekas, peluang usaha Spareparts motor, peluang wirausaha buku bekas, peluang wirausaha besi bekas, dan lain-lain, asalkan bukan orang bekas , haha… Peluang bisnis wirausaha barang bekas, menurut salah seorang sahabat saya, jauh lebih menguntungkan daripada wirausaha barang baru. Nah, Loh… Setuju gak? Kalau saya, setuju. Soal modalnya, silahkan mulai dengan modal usaha kecil dulu, ga harus langsung besar apabila belum punya pengalaman berwirausaha atau berbisnis.
Oke. Sekian dulu. Sampai jumpa di artikel berikutnya..

Artikel Lainnya